APAM Demo Minta Pemerintah Pusat Serius Realisasi Anggaran PON Aceh

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Aliansi Pemuda Aceh Menggugat (APAM) yang berjumlah 70 orang melakukan demonstrasi di tugu Simpang Lima, Banda Aceh, Sabtu, 8 April 2023.

Mereka menuntut Pemerintah Pusat dalam rangka penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh.

Salah satu tuntutan adalah pemerintah pusat harus merealisasikan anggaran dan segera dikucurkan untuk pembangunan venue, agar keberlangsungan tuan rumah PON di Aceh berjalan dengan baik.

APAM menyadari bahwa PON adalah salah satu ajang olahraga terbesar di Indonesia yang memerlukan biaya besar untuk penyelenggaraannya.

Selain itu, APAM juga menekankan pentingnya penentuan venue olahraga yang menjadi prioritas di Aceh. Dengan menetapkan venue olahraga yang strategis, PON di Aceh akan dapat berjalan dengan lebih baik dan sukses.

Pernyataan ini disampaikan oleh Perwakilan Aliansi Pemuda Aceh Menggugat (APAM) Syarbaini saat melakukan aksi unjuk rasa di Banda Aceh.

“PON XXI 2024 akan mempertandingankan 65 cabang olahraga, yang lokasi pertandingannya dibagi dua provinsi berbeda, Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Upacara pembukaan akan diselenggarakan di Aceh, dan upacara penutupan akan diselenggarakan di Sumatera Utara,” sebut Syarbarni.

Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 akan diselenggarakan di Aceh dan Sumut sekitar satu tahun delapa bulan lagi. Namun, belum ada satu pun venue pertandingan yang dibangun.

Pemerintah diharapkan segera membangun venue even nasional itu. apabila pembangunan venue tidak dilakukan dari sekarang, mengingat pelaksanaan PON semakin dekat, pada 8-30 September 2024. Venue pertandingan, baik dibangun baru maupun rehab, belum ada satu pun yang dibangun.

APAM berharap Pemerintah Aceh bisa melobi kembali Presiden Joko Widodo untuk menepati janjinya membangun stadion utama PON Aceh-Sumut di kawasan Neuheun, Aceh Besar.

“Itu janji tahun lalu disampaikan presiden, maka kita berharap kembali ada dorongan dari Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki maupun Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan pemangku kepentingan lainnya, agar dapat segera dibangun stadion baru.

APAM meminta semua stekholder mendukung PON XXI Aceh dan Sumut, supaya berjalan dengan baik.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT