Abu Mudi Jabat Rais ‘Am Majelis Syuriah PB HUDA Periode 2023-2028

Banda Aceh, JBA – Selain pemilihan Ketua Tanfiziyah (Ketua Umum) PB HUDA oleh Majelis Syuriah, peserta Musyawarah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) yang telah berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 4 Desember 2023 kemaren juga memilih anggota Majelis Syuriah.

Majelis Syuriah PB HUDA sebagai pemegang otoritas tertinggi di HUDA ini lah yang kemudian memilih Ketua Umum PB HUDA.

Dalam Mubes ke IV HUDA yang telah berlangsung, sebanyak 250 peserta Mubes sepakat memilih sebanyak 22 ulama menjadi anggota Majelis Syuriah PB HUDA.

Dan ke 22 ulama dayah ini kemudian sepakat memilih Abu. H. Syaikh Hasanul Basri atau Abu Mudi sebagai Rais ‘Am Dewan Syuriah PB dan Drs. Tgk. H. M. Daud Hasbi, M.Ag atau Abi Daud Hasbi sebagai Wakil Rais ‘Am Majelis Suriah PB HUDA.

Hal ini disampaikan Ketua SC Mubes ke IV HUDA, Tgk. Dr. H. Muntasir A. Kadir yang akrab dipanggil Ayah Mun, Senin, 5 Desember 2023.

“Jadi 250 peserta Mubes ke IV HUDA ini memilih Majelis Syuriah PB HUDA sebanyak sebanyak 22 orang. Lalu ke 22 Majelis Syuriah ini dalam musyawarah mereka sepakat untuk memilih Abu Mudi sebagai Rais ‘Am Majelis Syuriah, dan Abi Daud Hasbi sebagai wakil Rais ‘Am, “ ujar Ayah Mun Yang merupakan Pimpinan Dayah Jami’ah Al Aziziyah Samalanga.

Setelah Dewan Syuriah bermusyawarah dengan cara mufakat, kata Ayah Mun, seluruh anggota Dewan Syuriah ini sepakat dengan suara bulat menetapkan Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau Tu Sop Jeunieb sebagai Ketua Tanfiziyah PB HUDA periode 2023 sampai dengan periode 2028.

Ayah Mun juga mengatakan, jumlah suara masing-masing kandidat Ketua Umum PB HUDA baik Ayah Sop Jeunieb, Abi Hasbi Albayuni, Abi Hidayat, Tgk. Haramen Nuriqmar dan Baba Baihaqi ini adalah sebagai usulan nama dari 22 PW HUDA seluruh Aceh. Namun, hal tersebut, kata Ayah Mun bukanlah pegangan bagi Dewan Syuriah untuk menetapkan Ketua Umum PB HUDA.

“Jadi Ketua Umum PB HUDA ini dipilih oleh Majelis Syuriah berdasarkan musyawarah dan mufakat para anggota Majelis Syuriah, “ ujar Ayah Mun.

Sementara itu, tambah Ayah Mun, untuk melengkapi kepengurusan Pengurus Tanfiziyah dan lain-lain, juga sudah dibentuk Tim Formatur yang diberi waktu selama satu bulan untuk menyelesaikan penyusunan struktur kepengurusan PB HUDA.

Ketua Panitia Mubes ke IV HUDA, Abi H. Hasbi Albayuni menambahkan, dalam prosesnya, presidium sidang yang dipimpin oleh Tgk. Haramen Nuriqmar menetapkan lima calon Ketua Umum Tanfiziyah PB. HUDA yaitu Tgk. H. Muhammad Yusuf A.Wahab, Tgk. H. Hasbi Albayuni, Abi Hidayat Muhibuddin Waly, Tgk. Haramen Nuriqmar dan Baba Baihaqi Panton.

“Nama nama calon Ketua Umum tersebut adalah usulan dari 22 PW. HUDA Kab/Kota. Kemudian nama nama calon Ketua Umum diserahkan kepada Majlis Syuriah PB. HUDA yang diterima oleh Rais ‘Am Abu Syekh H. Hasanul Bashri HG atau Abu Mudi.

“Lalu setelah bermusyawarah dan mufakat, maka Majelis Syuriah PB HUDA ini pun menetapkan Tgk. H. M. Yusuf A. Wahab sebagai Ketua Umum Tanfiziyah PB HUDA Periode 2023-2028, “ ujar Abi Hasbi yang juga sekjend PB HUDA periode 2018-2023.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT