28 Peserta KSM Aceh Besar Lolos Ke Tingkat Provinsi

Jantho, JBA – 28 peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2024 tingkat kabupaten Aceh Besar dinyatakan lolos untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung pada 5-6 Agustus 2024.

Peserta yang menang pada tingkat provinsi akan mewakili Aceh pada KSM tingkat nasional yang berlangsung pada 3-8 September 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Saifuddin SE mengatakan KSM tingkat Kabupaten Aceh Besar sebelumnya digelar pada 1-3 Juli 2024 di tiga titik, yaitu MTsN 2 Aceh Besar, MTsN 3 Aceh Besar dan MAN 1 Aceh Besar. Hasilnya sudah diumumkan pada tanggal 5 Juli 2024 kemarin melalui akun masing-masing peserta.

“Alhamdulillah pelaksanaan KSM tingkat kabupaten Aceh Besar berlangsung sukses dan sebanyak 28 Peserta dinyatakan lolos untuk mengikuti KSM tingkat provinsi. Kami menyampaikan selamat dan semoga mampu meraih hasil yang maksimal di tingkat provinsi nantinya,” lanjut Saifuddin.

Saifuddin meminta kepada seluruh peserta yang sudah dinyatakan lolos ke babak berikutnya untuk belajar lebih sungguh-sungguh lagi sehingga mampu mengharumkan nama baik Aceh Besar nantinya dan bisa mewakili Aceh pada KSM tingkat Nasional.

“Kami harapkan kepada pihak madrasah atau sekolah agar siswa yang sudah dinyatakan lolos ke tingkat provinsi untuk ditingkatkan pembinaannya karena persaingan di tingkat provinsi tentu lebih keras lagi dan itu butuh persiapan lebih matang baik dari segi pengetahuan dan juga mental siswa,” ujar mantan Kabag TU Kemenag Aceh itu.

Kejutan

Pada kesempatan itu Mantan Kakankemenag Singkil itu menyebutkan KSM tingkat kabupaten Aceh Besar tahun ini juga memunculkan sejumlah kejutan, khususnya pada KSM jenjang MI/SD, dimana peserta yang lolos berasal dari sejumlah Madrasah yang sebelumnya tidak diunggulkan.

“Ini menunjukkan siswa berprestasi di tingkat MI di Aceh Besar mulai merata tidak lagi didominasi oleh satu atau dua madrasah saja, dan ini menjadi harapan kita bersama bagaimana semua madrasah di Aceh Besar harus unggul dan melahirkan siswa-siswa yang berprestasi,” tambahnya.

Adapun peserta KSM tingkat MI di Aceh Besar yang dinyatakan lolos ke KSM tingkat provinsi masing-masing untuk Kategori Matematika adalah : Amalia Zaskia (MIN 21), Aisha Izzatunisa (MIN 40) dan Zalvia (MIN 6). Selanjutnya untuk kategori IPA masing-masing Nazhila Safhira (MIN 46), Kayla Azka (MIN 21) dan Ayman Hakim (MIN 23).

Selanjutnya tingkat MTsN/SMP akan diwakili oleh siswa dari MTSs Almanar dan MTsN 8 Aceh Besar (Matematika ), siswa dari MTSs Insan qurani dan MTsN 3 Aceh Besar( IPA), siswa dari MTsN 4 dan MTsN 7 Aceh Besar (IPS).

Sedangkan pada tingkat MAN/SMA Siswa dari SMAN Modal Bangsa dan Siswa dari MAN 4 Aceh Besar akan mewakili untuk kompetisi Matematika, Selanjutnya pada Kompetisi Biologi akan diwakili oleh siswa dari SMA Negeri Modal Bangsa dan Siswa MAN 1 Aceh Besar. Kemudian Kompetisi Fisika diwakili siswa SMA Negeri Modal Bangsa dan Siswa MAN 4 Aceh Besar.

Selanjutnya untuk kompetisi Kimia diwakili siswa SMA Negeri Modal Bangsa dan Siswa MAN 6 Aceh Besar. Kemudian Kompetisi Ekonomi diwakili oleh siswa SMAN Modal Bangsa dan Siswa MAS Oemar Dian. Terakhir untuk kompetisi Geografi diwakili oleh siswa SMAN Modal Bangsa dan Siswa MA RIAB.

Sementara itu untuk KSM beregu bidang Sosial Sains Terpadu tingkat MI diwakili oleh siswa MIN 27 Aceh Besar. Selanjutnya Bidang Sosial Sains Terpadu tingkat MTs diwakili oleh siswa MTSs Oemar Diyan. Kemudian Bidang Sosial Sains Terpadu tingkat SMA/MA diwakili oleh SMAN Modal Bangsa dan MAN 6 Aceh Besar.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT