FAMe Adakan Kelas Menulis ‘Pelik-Pelik Bahasa Indonesia’

Banda Aceh, JBA – Forum Aceh Menulis (FAMe) mengadakan kelas menulis dengan tema “Pelik-Pelik Bahasa Indonesia” yang diisi materi oleh Pembina FAMe, Yarmen Dinamika, di Perpustakaan Wilayah Aceh, Banda Aceh, Kamis, (10/10/2024). Kelas FAMe ini dibuat dalam rangka menyambut bulan Bahasa Indonesia, Oktober.

Koordinator FAMe, Hayatullah Pasee mengatakan pertemuan ini perdana setelah hampir dua tahun tidak dilaksanakan kegiatan kelas menulis, karena Covid-19 dan kendala lainnya. Ke depan, kelas FAMe akan rutin dilaksanakan. Semoga makin diminati oleh berbagai elemen masyarakat, terutama pelajar.

“Alhamdulillah hari ini kembali diadakan kelas dan antusiasme peserta cukup tinggi,” ujar tenaga profesional Baitul Mal Aceh (BMA) itu dalam acara yang dihadiri pegiat literasi, pelajar, guru, dan audiens lainnya.

Ia menambahkan, FAMe ke depan akan membuat program baru untuk kaderisasi bidang literasi. Mereka nantinya akan meneruskan estafet komunitas literasi FAMe.

“Tiap tahu lahir orang-orang dengan profesi baru seperti guru, dokter, insinyur, dan profesi lainnya, tetapi hampir tidak ada lahir penulis-penulis baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Yarmen Dinamika selaku narasumber menyampai bagaimana penggunaan bahasa Indonesia yang benar dalam kehidupan sehari-hari dan menulis. Banyak sekali kesalahan-kesalahan kata-kata dan diksi dalam penggunaanya tanpa disadari.

“Seperti kata ‘bergeming’, banyak orang menggunakan kata ‘tidak’ lagi, padahal dalam kata ‘bergeming’ sudah mengandung kata ‘tidak’,” jelasnya.

Ia berharap semua peserta mengakses Badan Pembinaan Bahasa Indonesia dan menyimpan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online di androidnya. Tanpa koneksi internet, KBBI edisi enam tersebut masih bisa dibuka.

“Bahasa itu penting karena sebagai komponen penentu untuk penunjang kualitas tulisan,” jelas Yarmen Dinamika yang didampingi moderator, Abu Teuming.

Wartawan senior Harian Serambi Indonesia ini menegaskan menggunakan bahasa Indonesia tidak kalah keren dengan menggunakan bahasa Inggris seperti kata master of ceremony (MC) dan sejenisnya.[]

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT