H Saifuddin: Manasik Haji Adalah Gambaran Pelaksanaan Haji

Jantho, JBA – 375 jemaah calon haji asal Aceh Besar yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2025 mulai dibekali ilmu manasik haji. Manasik ini untuk memantapkan persiapan jemaah calon haji sebelum keberangkatan menuju Tanah Suci.

Hal ini ditandai dengan pembukaan manasik haji sepanjang tahun oleh Kakanwil Kemenag Aceh Azhari. Kegiatan ini digelar Kemenag Aceh Besar di Masjid Jamik Baitul Jannah Tungkob, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Sabtu, 21 September 2024.

Kakankemenag Aceh Besar Saifuddin mengatakan, manasik haji sepanjang tahun untuk memberikan bekal ilmu manasik haji kepada jemaah calon haji 2025.

“Kita meminta jemaah untuk fokus mengikuti manasik haji ini karena ini sebagai bekal ilmu dan juga gambaran pelaksanaan ibadah haji nantinya,” kata Saifuddin.

Dia mengatakan, manasik haji akan dilaksanakan dua kali dalam satu bulan hingga sebelum keberangkatan menuju Tanah Suci.

“Manasik dilaksanakan dua kali sebulan.
Pada kesempatan pembukaan ini kita juga membagikan buku manasik kepada seluruh jamaah calon haji secara cuma cuma yang kita cetak khusus dengan bekerjasama dengan BSI,” katanya.

“Kami imbau jemaah untuk mengikuti setiap tahapan manasik haji dengan serius dan sepenuh hati. Banyak bekal yang bisa didapat dari sini karena nantinya kita akan menghadirkan para pemateri yang sudah teruji secara pengalaman dan keilmuan terkait ibadah haji,” kata Saifuddin lagi.

Saifuddin menjelaskan, ketika berbicara tentang ibadah haji tentu yang tergambar bukan hanya ibadah mahdhah semata melainkan saat pelaksanaan haji, para jemaah akan menemui berbagai kondisi yang akan menggungah jiwa kebersamaan dan taawun ala birri (saling membantu dalam kebajikan).

Menurutnya, persoalan dan materi seperti itu akan didapatkan para jemaah calon haji di dalam manasik haji.

“Ini menjadi materi penting karena saat pelaksanaan haji nanti para jemaah akan menghadapi berbagai kondisi dimana mereka harus saling membantu sesama dan tidak mengedepankan ego dalam melaksanakan rukun Islam kelima tersebut,” katanya.

Mantan Kakankemenag Aceh Singkil tersebut juga meminta para jemaah untuk memperkuat jemaah manasik secara mandiri dengan mengulang kaji berbagai literasi haji dan juga buku manasik yang sudah dibagikan.

“Ini kita inisiasi agar jamaah lebih dapat belajar mandiri sebelum buku manasik dari kemenag pusat kita bagikan, buku manasik dari pusat baru dibagikan setelah bisa dilakukan pelunasan saat sudah ada ketentuan jumlah BPIH,” katanya.[]

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT